Saling Dorong Dengan Mengandalkan Kekuatan Tubuh. Berikut Merupakan Sejarah Olahraga Asal Jepang, Sumo!

Oleh : ftrrahman | 2022-03-31 15:06:56

Sumo berawal pada tarian ritual Shinto di mana orang-orang paling kuat menunjukkan kekuatan mereka di depan dewa atau roh sebagai tanda hormat dan terima kasih untuk membawa panen yang baik. Kemudian digunakan sebagai cara untuk membandingkan kekuatan dan menentukan petarung yang paling mahir dalam pertarungan tangan kosong. Baru pada periode Edo pegulat sumo profesional muncul dari barisan amatir dan kompetisi reguler mulai diadakan
Pegulat sumo dikenal sebagai rikishi dalam bahasa Jepang (dua karakter kanji yang berarti "kekuatan" dan "pejuang"). Ada sekitar 650 rikishi di enam divisi sumo:
- maku-uchi
- juri
- makushita
- sandam
- jonidan
- jonokuchi
Sumo adalah olahraga unik karena selalu ada upacara sebelum pertandingan dan arak-arakan, sama menariknya dengan pertarungan itu sendiri. Sehari sebelum setiap turnamen besar, dohyo platform tanah liat berdiameter 4,55 meter yang menampung ring tempat pertarungan berlangsungdibersihkan untuk berdoa bagi keselamatan rikishi. Ini melibatkan menempatkan garam, beras bersih, kastanye kering, rumput laut kering, sotong kering, dan buah pala di lubang kecil yang dibuat di tengah cincin sebagai persembahan kepada para dewa.
Aturan dasarnya sederhana: jika ada bagian tubuh pegulat selain kaki pegulat yang menyentuh tanah atau pegulat melangkah keluar ring jerami, pertandingan selesai dan lawan pegulat dinyatakan sebagai pemenang. Selama pertarungan, tindakan berikut dilarang:
- menarik rambut
- mencongkel mata
- Memukul dengan kepalan tangan tertutup (menampar diperbolehkan)
Olahraga Sumo bukan hanya tentang ukuran melainkan kelincahan bisa sama pentingnya dan rikishi yang lebih kecil memiliki keuntungan bahwa mereka dapat menyingkir dan menyelinap di belakang lawan mereka yang lebih besar dan menggunakan momentum yang cukup besar untuk melawannya.
Meskipun secara sejarah merupakan olahraga yang sangat didominasi masyarakat Jepang, namun belakangan ini atlet sumo (diluar negara Jepang) sudah banyak terlibat dalam olimpiade sumo kelas dunia dan menjadi alasan umum di ring sumo. Faktanya, rikishi yang dapat menjuarai kemenangan turnamen terbesar adalah pegulat asal negara Mongolia yang bernama Hakuho Sho.
Tags : Sumo, Sejarah